Selasa, 10 Januari 2012

"The Next Level"


“THE”
Menurut Kamus Lengkap Inggris-Indonesia (Prof. Drs.S. Wojowasito & Drs. Tito Wasito W.), kata ‘The’ adalah kata penyerta (ini, itu). Menurut kamus Inggris-Indonesia lainnya, ‘The’ untuk menunjukkan sesuatu yang telah tertentu. Kenapa tema G-Pro harus memakai kata ‘The’? Ini menjadi pertnyaan buat saya. Ternyata ‘The’ disini tidak dipakai untuk bagus saja, ternyata ada maknanya juga. Sesuai dengan penjabaran di atas, kata ‘The’ menurut saya merupakan suatu penekanan yang menunjukkan sesuatu yang tertentu. Saya melihat bahwa kalimat berikut dari tema G-Pro kali ini adalah sesuatu yang sudah spesifik/khusus, jadi haruslah ditekankan kekhususan itu.

“NEXT”
Dari beberapa kamus Inggris-Indonesia, arti kata ‘Next’ menunjuk kepada hal yang berikutnya, yang akan datang, lanjutnya. Kata “Next’ dipakai untuk sesuatu yang melangkah ke hal yang berikutnya atau lanjutannya. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, kata ‘lanjut’ berarti terus, lagi, tidak tanggung. Saya berpikir-pikir tentang kata ‘Next’ ini, tentunya kalau ‘Next’ menunjuk kepada yang berikutnya atau lanjutan, tentunya saya sebisa mungkin harus menuju kepada yang lebih lagi, bukannya malah mundur..

“LEVEL”
Sekali lagi diambil dari beberapa kamus, kata ‘Level’ menunjuk kepada nilai, tingkat, mutu, derajat. Saya ambil salah satunya yaitu ‘tingkat’, dari Kamus besar bahasa Indonesia, arti kata ‘tingkat’ adalah tahap. Saya memikirkan, Level = Tingkat = Tahap. Berarti yang mau dicapai adalah tingkatan-tingkatan atau tahapan-tahapan. Saya diingatkan dengan lift, lift di sebuah apartemen bertingkat 30, apabila ada seseorang yang mau ke lantai 30 dari lantai 1, pastinya lift tersebut tidak langsung menuju ke tingkat 30, tetapi lift tersebut tetap melewati tingkat 2 sampai 29 dari gedung tersebut. So, saya jadi ngeh berarti memang benar tingkatan-tingkatan adalah tahapan-tahapan juga.

Hmmm... saya mulai mengerti. Saya menyimpulkan “The Next Level” adalah tahapan atau tingkatan lanjutan yang khusus ditekankan pada sesuatu yang lebih maju. Seperti halnya Yesus, Dia, pada saat datang ke dunia ini, tidak langsung berumur 30 tahun. Tetapi Yesus mengalami tahapan-tahapan dari segi fisik, mental dan roh yang terus meningkat. (J)

“Dan Yesus makin beratambah besar dan bertambah hikmat-Nya dan besar-Nya, dan makin dikasihi oleh Allah dan manusia.”
Lukas 2:52 (TB LAI)

“Dan Yesus bertumbuh dalam hikmat dan kualitas mentalnya, dan dikasihi Allah dan manusia.”
Lukas 2:52 (terjemahan bebas NIV)

“Yesus menjadi bijaksana, dan bertumbuh kuat. Allah senang dengan-Nya dan begitu juga orang-orang.”
Lukas 2:52 (terjemahan bebas CEV)

“Dan Yesus meningkat di dalam hikmat dan kualitas mentalnya,dan dikasihi Allah dan manusia.”
Lukas 2:52 (terjemahan bebas KJV)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar