Senin, 11 Juli 2011

Bangkitlah, menjadi teranglah

Bangkitlah, menjadi teranglah, sebab terangmu datang, dan kemuliaan Tuhan terbit atasmu. Sebab sesungguhnya, kegelapan menutupi bumi, dan kekelaman menutupi bangsa-bangsa; tetapi terang TUHAN terbit atasmu, dan kemuliaan-Nya menjadi nyata atasmu. Bangsa-bangsa berduyun-duyun datang kepada terangmu, dan raja-raja kepada cahaya yang terbit bagimu.” YESAYA 60:1-3

Coba kita bayangkan saat ini… kita sedang berada di rumah tiba-tiba lampu dari PLN pusat dimatikan semua… dan pada saat kita mencari-cari senter atau lilin ternyata tidak ada. Apa yang dilihat? Apa yang bisa dilakukan? Tentunya yang dilihat hanya kegelapan yang pekat. Kita tidak bisa melihat apa-apa karena untuk melihat kita memerlukan cahaya. Kita mungkin hanya bisa berdiam diri saja, meraba-raba untuk berjalan supaya tidak terantuk dan jatuh. Lalu satu lagi… kita tutup kedua mata kita. Apa yang dilihat? Pastinya hanya kegelapan. Sama seperti mati lampu tadi, kita tidak bisa melihat apa-apa dan berjalan dengan meraba-raba.
Sekarang.. bagaimana kalau bumi ini tidak ada matahari, bulan, bintang dan tidak ada penerangan apapun? Wah mungkin kita bisa saling bertabrakan pada saat jalan dan kita pasti tidak bisa berbuat apa-apa. Seperti juga kita, dahulu hidup dalam kegelapan. Kita tidak mengetahui kebenaran dan hidup jauh dari Allah. “Sebab sesungguhnya, kegelapan menutupi bumi dan kekalaman menutupi bangsa-bangsa” Yesaya 60:2a. Namun saat ini kita sudah merdeka di dalam Tuhan, melalui kematian Tuhan Yesus Kristus di kayu salib. Ia sudah menanggung segala dosa kita dan kita sudah dibawa dari kegelapan kepada terang. “tetapi terang TUHAN terbit atasmu, dan kemuliaan-Nya menjadi nyata atasmu” Yesaya 60:2b.
Nah… sekarang apa yang akan kita perbuat setelah kita berada dalam terang?? Bukan hanya diam-diam saja tentunya. Salah satu orang yang disembuhkan Tuhan Yesus dari kebutaannya tidak hanya berdiam diri setelah dia menerima kesembuhan, tetapi dia segera pergi menceritakan apa yang telah dia alami. Begitu juga kita, kita telah menerima keselamatan, tentunya kita tidak akan berdiam diri saja. Banyak hal yang bisa kita lakukan di dalam kebebasan. Kita bisa mengabarkan Injil, melayani di gereja, melayani di pekerjaan kita, dll. Intinya kita harus bangkit, tidak berdiam. Kita juga harus menjadi terang dimanapun kita ditempatkan oleh Tuhan sekalipun itu di bidang sekuler. “Bangkitlah, menjadi teranglah, sebab terangmu datang, dan kemuliaan Tuhan terbit atasmu.” Yesaya 60:1.

Kalau kita menjadi terang dimanapun kita berada pastinya terang itu akan memancar kemana-mana dan terang itu menjadi nyata disekekeliling kita. Mungkin tanpa kita sadari, orang-orang disekeliling kita yang belum mengenal Tuhan Yesus akan mengenal Dia dan akhirnya percaya kepada Dia. Orang-orang yang telah melihat Yesus dalam hidup kita akan datang dengan sendirinya untuk mengenal Yesus Kristus tanpa kita injili. “Bangsa-bangsa berduyun-duyun datang kepada terangmu, dan raja-raja kepada cahaya yang terbit bagimu.” Yesaya 60:3.
Ok, friends… jadi kita yang sudah memiliki kelepasan dalam Tuhan Yesus tidak akan berdiam diri saja. Kita mau bekerja giat melayani Tuhan dan memancarkan terang Tuhan dimanapun kita berada. Kita harus memiliki hati yang rindu untuk terang itu bukan hanya kita yang memiliki tapi juga orang-orang yang masih berada dalam kegelapan. (J)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar