Senin, 18 Juli 2011

Pameran Alkitab dan Benda-benda Alkitab



Dari tanggal 05 November sampai 08 November pukul 09.00 - 20.00 WIB diadakan acara yang dimanakan Christian Books and Gifts Fair 2010 untuk pertama kalinya dengan tema “A Celebration of Reading and Giving”. Acara ini kerja sama antara beberapa penerbit buku rohani. Isi acaranya beragam; seminar, Story Telling untuk anak-anak, penjualan buku, penjualan kaos, penjualan aksesoris, penjualan kaset, dll.
Pada hari Minggu setelah ibadah, saya berkesempatan untuk mengunjungi pameran tersebut. Terlihat antusiasme pengunjung yang hadir sangat luar biasa. Yang menarik di pameran ini adalah Pameran Alkitab dan Benda-Benda Alkitab, terlihat dari banyaknya pengunjung yang memadati ruangan pameran.

Setelah kita memasuki ruangan pameran Alkitab dan Benda-Benda Alkitab, kita diarahkan untuk melihat bagaimana sejarah Alkitab. Lanjut di sebelahnya ada flora yang kita sering baca di Alkitab seperti Biji Sesawi yang kecil sekali, buah Ara, Jelai, Gandum, dll. Kalau kita melihat ke tengah ruangan, terdapat benda-benda seperti Oven Tanah Tradisional, Replika Bahtera Nuh, Kantong Kulit, dll. Agak ke pinggir dalam, kita bisa melihat Sofar (sangkakala dari tanduk), replika dari baju Efod yang dipakai oleh Imam Besar beserta penjelasannya, replika Bait Allah Pertama serta Bait Allah Herodes dan replika benda-benda di dalam Bait Allah. Kalau kita maju sedikit akan melihat beberapa perlengkapan perayaan-perayaan Yahudi; Hanukkah, Purim, Pantekosta, Paskah, dll.

Berbelok ke kiri, kita akan disuguhkan dengan jejeran alat-alat musik seperti Sangkakala, Kecapi, Ceracap, Gambus, Rebana, dan ada beberapa yang bisa dicoba. Sebelah alat-alat musik tersebut terdapat meja yang memamerkan wewangian dari tanah Israel beserta batu-batuannya. Kita boleh mencium wewangian tersebut. Salah satu wewangian yang saya coba cium adalah Narwastu. Benar-benar wangi dan wanginya tidak bisa saya lupakan. Saya langsung teringat akan cerita di Alkitab yang menceritakan mengenai seorang wanita yang datang dan mengurapi Yesus (Markus 14:3-9). Orang-orang berkomentar bahwa itu semua adalah pemborosan dan memarahi perempuan tersebut. Tetapi Tuhan berkata bahwa perempuan tersebut melakukan suatu perbuatan baik pada-Nya.

“Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di mana saja Injil diberitakan di seluruh dunia, apa yang dilakukannya ini akan disebut juga untuk mengingat dia.” (Markus 14:9)

Berjalan-jalan lagi, ada pohon-pohon seperti pohon sesawi, ara, dll. Menuju ke arah yang berlawanan, ada pameran Alkitab dari terjemahan yang lama sampai baru. Ada Alkitab tulisan tangan juga yang cukup tebal dan ada Alkitab terkecil dimana membacanya harus menggunakan kaca pembesar. Di pinggir ada penayangan video mengenai cara-cara dalam meniup sangkakala. Setelah itu, sebelah pintu keluar, ada penjualan buku dan souvenir. Saya beli buku “Mengenal Benda-Benda Alkitab”. Kalau mau memberi kado atau untuk anak-anak dapat belajar mengenai Alkitab, buku ini sangat disarankan, harganya juga murah dengan HardCover. Saya juga membeli Minyak Narwastu, sedikit mahal karena hanya dapat beberapa mililiter saja.

Wah, senang sekali berada disini. Oya kalau misalnya mau melihat benda-benda Alkitab tapi pamerannya sudah tutup, bisa datang ke:

YPI Kawanan Kecil

Jl. Raya Rawa Sengon No. 35

Kelapa Gading Barat, Jakarta Utara

Telp: (021) 4393 5346-47

Jam kunjungan:

Senin-Jumat, pk. 09.00 - 16.00 WIB

Hari Sabtu/Libur/Kunjungan Group dengan perjanjian

Atau bisa juga menunggu pameran selanjutnya. JBU ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar